Rabu, 07 Desember 2016

RPP SMP kelas 9 bahasa Inggris KTSP Procedure Text



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah            : SMP Nusantara
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester          : IX  / 1
Topik                          : Prosedur teks
Jenis teks                    : Monologue (procedure)
Aspek/Skill                 : Mendengarkan
Alokasi Waktu          : 2 x 40 menit
Pertemuan ke            : 1 (satu)
Tanggal Pertemuan : 19 September 2016
Standar Kompetensi : 2     Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar    :  2.2    Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report.

1.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat merespon makna dalam:
a.    siswa mampu mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks monolog pendek berbentuk procedure.
b.    siswa mampu mengidentifikasi langkah retorika dalam teks monolog berbentuk     procedure
c.    siswa mampu mengidentifikasi tujuan komunikatif teks monolog berbentuk procedure
v  Karakter siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tanggung jawab ( responsibility )
2.      Materi Pembelajaran
A procedural text explains the readers how to make or do something through a sequence of actions or steps. It usually uses the simple present tense, especially imperative sentences.
            The structure of a procedural text is:
·         Title/aim/goal which the readers what will be explained,
·         Materials tell the readers what ingredients or materials needed to do or make something; it is optional,
·         Steps which explain the chronological stepson how to do or make something.
Example of procedure text:

3.      Metode Pembelajaran: three-phase technique
4.      Langkah-langkah Kegiatan
A.    Kegiatan Pendahuluan
1)      Setelah salam dan tegur sapa, dilakukan Tanya jawab tentang topik pembelajaran sebelumnya, menanyakan PR dan tugas
2)      Mengecek daftar hadir siswa
3)      Memberi pertanyaan yang mengarah pada materi pembelajaran, seperti:
- have you ever done or made something like used computer, made a cup of tea and anymore?
- have you ever learned procedure text?
4)  Menyampaikan materi pelajaran yang akan dipelajari
5)  Menyampaikan tujuan pembelajaran.

B.  Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang dengan memberikan contoh terkait prosedur teks.
·         Memperhatikan dan merespon penjelasan tentang berbagai hal terkait teks berbentuk prosedur, seperti pengertian, ciri-ciri, generic struktur dan contoh teks tentang “How to Homemade Candy”.
·         Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya berupa tanya jawab tentang contoh teks berbentuk prosedur lainya yang diketahui;
·         Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar dengan unjuk kerja tentang “How to Make Ice Coffee” dengan panduan tayangan video/LCD secara berpasangan.
·         Menjawab pertanyaan berupa pilihan ganda mengenai “How to Make a Cup of Coffee”.
·         Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, maupun isyarat terhadap keberhasilan peserta didik, seperti mengacungkan jempol, mengucapkan Good, Very Good dan lain-lain.
·         Memberikan kesempatan untuk tanya jawab
·         Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
·         Membahas berbagai hal terkait materi yang sedang dipelajari yang masih kurang dipahami

C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
·         bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
·         melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·         menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5.      Sumber belajar/Media Pembelajaran
a.       Silabus bahasa Inggris,BNSP,Depdiknas, 2006
b.      Buku bahasa inggris Arina Hidayati dkk 2015, p 6-7 dan buku  scaffolding p 13.
c.       Buku pegangan guru bahasa Inggris Intan Pariwara 2013
d.      Script prosedur dan/atau video procedure text
e.       Sumber lain yang relevan
Media Pembelajaran: Paper/Worksheets/Picture, Whiteboard, Board marker, Laptop, LCD, speaker active.
6.      Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1. Mengidentifikasi
    berbagai informasi
    dalam teks
    monolog pendek
    berbentuk
    procedure/report
2. Mengidentifikasi
    langkah retorika
    dalam teks
    monolog berbentuk
    procedure/report
3. Mengidentifikasi
    tujuan komunikatif
    teks monolog
    berbentuk         
     procedure/report






Tes tertulis






Pilihan ganda




   The teacher  will read the instruction for you

- Choose the correct answer.
  Listen carefully!


Instrumen:
How to make a cup of coffee
Materials: sugar, boiled water, glass and a spoon
Steps:
1.      Fill the kettle with water
2.      Boil the water on the stove
3.      Take a clean glass and put a teaspoon of coffee into the glass
4.      Add two teaspoon of sugar
5.      Pour the boiled water into the glass
6.      Stir it well
7.      Close the glass with a glass cover and let it for a few minutes
8.      Put the glass with a glass on a saucer and the coffee is ready to drink.

1.      How many steps must we do before we close the glass?
a.       4    b. 5      c. 6      d. 7
2.      What does the text tell us about?
a.       How to prepare a cup of coffee    b. How to make a cup of coffee
c.       How to order a cup of coffee        d. How to drink a cup of coffee
3.      What is the aim of the text?
a.       To describe a cup of coffee          b. To instruct making a cup of coffee
c.       To retell the past experience         d. To entertain the reader
4.      What tense does the text use?
a.       Present                                          b. Present future
c.       Past                                               d. Past future
5.      What is the first step of making a cup of coffee?
a.       Stir it well                                     b. Fill up the kettle with water
c.       Boil the water on the stove           d. Add two teaspoons of sugar
Kunci jawaban : 1. C, 2. B, 3. B, 4. A, 5. B
a.      Pedoman Penilaian
-   Technique     : Ongoing Process
-   Form             : Multiple choice
Setiap jawaban yang sempurna diberi skor 20 dan jawaban salah diberi skor 0.
Jumlah skor maksimal keseluruhan    x 5 = 100        
Nilai maksimal = 100
Nilai Siswa =
b.      Rubrik Penilaian
No
Nama siswa
Aspek Pengetahuan
1
Adalia
40
2
Anggara
40
3
Ade Alona Br. Ginting
20

 



No

Nama siswa
Aspek Karakter
Dapat dipercaya
Rasa hormat dan perhatian
Tanggung jawab
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1
Adalia












2
Anggara












3
Ade Alona Br. Ginting












Beri tanda ( ) pada kolom yang sesuai
Catatan: BT     = Belum Terlihat
               MT   = Mulai Terlihat
              MB    = Mulai Membudaya
              MK    = Mulai Konsisten

Palangka Raya, 18 September 2016
                                                                        Praktikan,


                                                                        Eni Andri Ani
                                                                             NIP. 1301120860
Menyetujui,
Dosen Pembimbing
Guru Pamong




Zulida Arifa, M.Pd
Risenawati, S.Pd
NIP. 19670222 199203 2 011

Mengetahui,
Kepala SMP Nusantara


Kasih, S.Pd
NIP. 19660303 199003 2 009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar